Kuliah Free..!!! Siapa Yang Gak Mau #2

<<<   Sebelumnya.



Halo teman-teman. Bagaimana kabar kalian? Semoga selalu baik ya.. Jumpa lagi di artikel lanjutan ini.
kuliah free #2

Oke langsung saja, ada beberapa cara lainnya yang bisa kalian lakukan. Selain student loans, bekerja sambal kuliah malam, wirausaha dan part time tentunya. Berikut adalah cara lain yang bisa kalian lakukan agar mampu melanjutkan kuliah tanpa membebani biaya kuliah pada orang tua.

Cara Kuliah Tanpa Biaya 

Beasisiwa

Scholarship atau beasiswa merupakan program bantuan pendidikan yang paling sering kita dengar. Berbeda dengan student loans, beasiswa bukan memberikan pinjaman dana, sehingga penerimanya tidak perlu melakukan pelunasan pinjaman. Lumayan santailaah… Gak Perlu pusing cari cara buat balikinnya.

Beasiswa biasanya dibagi menjadi dua. Beasiswa prestasi dan beasiswa ekonomi. Beasiswa prestasi sangat sulit mendapatkannya. Perlu perjuangan ekstra seperti harus memiliki prestasi ditingkat nasional atau bahkan lebih. Bisa juga dengan berprestasi dibidang lain sehingga kalian bisa direkrut oleh perusahaan untuk disiapkan bekerja di perusahaan tersebut nantinya. Sedangkan beasisiwa ekonomi merupakan beasiswa untuk masyarakat yang memang kurang mampu dalam perekonomian. Beasiswa ekonomi biasanya berupa program Bidik Misi.

Banyak sekali beasiswa untuk kuliah di perguruan tinggi di Indonesia. Beasiswa bisa berasal dari institusi kampus dan bisa juga berasal dari instansi atau lembaga lainnya. Bila kalian sudah mengincar kampus tertentu, bisa langsung membuka situs kampus tersebut dan mencari informasi tentang beasiswa yang ada disana. 

Beasiswa yang berasal dari institusi kampus, biasa berupa beasiswa Bidik Misi. Bidik Misi merupakan beasiswa yang ditujukan untuk lulusan SMA atau calon mahasiswa. Setiap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta memiliki program beasiswa tersebut. 

Selanjutnya ada juga beasiswa yang berasal dari lembaga swasta lainnya. Biasanya beasiswa yang disediakan bisa didapatkan ketika sudah menjadi mahasiswa. Instansi atau lembaga swasta yang biasa memberikan beasiswa antara lain: Beasiswa Djarum, Beasiswa Astra 1st, Beasiswa Sampoerna, Beasiswa BCA Finance, Beasiswa Tanoto Foundation dan masih banyak lainnya.

Ada juga beasiswa yang berasal dari pemerintah. Yaa mungkin kalian familiar dengan yang ini. Beberapa beasiswa yang berasal dari pemerintah yaitu: Beasiswa LPDP, Beasiswa DIKTI, Beasiswa Kemendikbud, Beasiswa IKOPIN (Kementerian Koperasi dan UKM), Beasiswa DEKOPIN (Dewan Koperasi Indonesia).

Selain itu, ada juga beasiswa yang diberikan oleh pemerintah daerah langsung. Namun tidak semua daerah menyediakan program beasiswa tersebut. Yaa seperti yang kita ketahui, setiap daerah bebas menentukan anggarannya masing-masing.

Salah satunya yaitu Pemerintah tingkat provinsi atau Pemprov Maluku yang telah memiliki program beasiswa. Ada juga pemerintah tingkat kota maupun kabupaten yang jug memiliki program tersebut. Beberapa pemerintah daerah tingkat perkotaan atau Pemkot yang memiliki program beasiswa yaitu: Pemkot Semarang, Pemkot Sumedang, Pemkot Indramayu dan sebagainya. Sedangkan beberapa pemerintah tingkat kabupaten atau Pemkab yang memiliki program beasiswa yaitu: Pemkab Buru, Pemkab Kutai Barat, Pemkab Seram bagian timur, Pemkab Tual dan sebagainya.

Tidak semua beasiswa yang disediakan kampus di update melalui situs. Jadi bila ingin mendapat informasi lebih, kalian bisa memantau media informasi lainnya. Bisa seperti papan pengumuman kampus, bertanya pada pengurus himpunan, atau bisa juga bertanya langsung pada staf tata usaha.

Freelance sambil kuliah

Freelance juga biasa disebut pekerja lepas atau tenaga lepas. Menurut Wikipedia, freelance adalah seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen keada majikan pada jangka panjang tertentu. 

Keuntungan menjadi freelance sangat banyak. Seperti fleksibilitas waktu kerja, fleksibilitas tempat kerja. Kalian bebas menyesuaikan waktu dan tempat kerja kalian. Tentu sangat memudahkan kalian yang masih menjalani perkuliahan. 

Potensi pendapatan yang mungkin lebh besar. Mungkin loh yaa… Tidak menutup kemungkinan kalian bisa mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi. Tentu karena freelance tidak terikat pada satu “majikan” tentunya. Kalian bebas menentukan mau sebanyak apa pekerjaan yang ingin kalian kerjakan, dan tentu bisa menghasilkan banyak rupiah nantinya.

Freelance juga memberikan keuntungan dalam mengembangkan jaringan. Tentu jaringan merupakan hal yang sangat penting. Ada beberapa situs yang menyediakan informasi bagi para pelaku freelance. Situs tersebut antara lain: freelancer, fiverr, projects, seribulancer, iwriter, kontenesia dan masih banyak lainnya.

Terima Kasih.

Bagikan

Jangan lewatkan

Kuliah Free..!!! Siapa Yang Gak Mau #2
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments
avatar
4 November 2017 at 07:54

wah, artikelnya sangat menarik terimaksih atas informasinya

Reply

Translate