Kuliah Free..!!! Siapa Yang Gak Mau #1

Pengen lanjut kuliah tapi gak ada dana? Biaya kuliah mahal bikin ragu buat lanjut kejenjang kuliah? Orang tua tak bisa membiayai? Bisa gak sih kuliah tapi free? Tenang kawan, sekarang semua itu bisa teratasi. 
kuliah free #1

Halo teman-teman. Bagaimana kabar kalian? Semoga selalu baik ya. Jumpa lagi di artikel baru saya. Pada kesempatan ini saya ingin memberikan tips kepada teman-teman yang merasa kesulitan keuangan untuk melanjutkan kuliah.

Cara Kuliah Tanpa Biaya

Pendahuluan

Banyak orang mendambakan mampu mengenyam pendidikan yang tinggi. Tentu demi mendapatkan masa depan yang lebih baik. Salah satunya dengan cara melanjutkan kejenjang perkuliahan. Sayangnya, tidak semua bisa mewujudkannya. 

Banyak sekali kendala untuk bisa kuliah. Salah satunya adalah karena persoalan biaya. “Orang tua tidak sanggup membiayai, ya.. mau gimana lagi. Biaya kuliah mahal, belum biaya hidupnya,” dan alasan lainnya. 

Tenang kawan, ada beberapa cara agar kalian tetap bisa lanjut kuliah. Bahkan walau tanpa biaya dari orang tua sepeserpun. Berikut adalah cara yang bisa kalian lakukan agar mampu melanjutkan kuliah tanpa membebani biaya kuliah pada orang tua.

Student loans

Student loans atau biasa disebut pinjaman siswa. Merupakan bantuan dari lembaga atau institusi tertentu bagi teman-teman yang ingin melanjutkan kejenjang perkuliahan.  Bantuan yang diberikan berupa biaya kuliah beserta biaya buku dan biaya hidup lainnya. 

Bantuan yang diberikan berupa pinjaman yang harus dibayarkan atau dilunasi. Yaa namanya juga pinjaman, harus dibalikinlah kayak utang hehe. Tapi tenang, pembayaran atau pelunasan dilakukakan ketika kalian sudah lulus kuliah dan bekerja. Pelunasan dilakukan dalam jangka waktu yang telah ditentukan sebelumnya. 

Ada banyak lembaga yang menawarkan student loans. Dengan persyaratan dan mekanisme yang beragam. Kalian bisa mengeceknya langsung pada situs masing-masing. Seperti situs intitusi kampus dan situs lembaga lainnya. Beberapa lembaga lain yang menyediakan program student loans yaitu dana didik, Yayasan Sosial Bina Sejahtera, Dana Siswa Bangsa, Sampoerna Foundation dan sebagainya.

Bekerja sambil kuliah malam

Bekerja sambil kuliah? Bukan ngerjain tugas-tugas kuliah yaa. Ini bekerja beneran dengan jam kerja dan gaji sesuai kesepakatan. Pekerjaan yang sesuai mungkin seperti part time, atau mungkin berwirausaha. Yang nantinya dapat digunakan untuk membiayai perkuliahan dan hidup saat menjalani perkuliahan.

Kuliah malam? Yaitu kuliah waktu malam hari. Siapa tau ada yang belum tau aja. Beberapa perguruan tinggi biasa menyebutnya sebagai program kuliah karyawan, kuliah ekstensi, kelas karyawan, atau kuliah eksklusif. 

Lalu apa bedanya? Jelas beda dong. Kuliah malam berarti kalian kuliah malam hari hehe. Kuliah malam memang memiliki perbedaan dengan kelas regular lainnya. Kelas karyawan  biasanya dibagi menjadi dua. Kuliah malam yaitu senin sampai jumat dari jam 5 sore sampai jam 9 malam. Ada juga kuliah sabtu dan minggu.

Kelas ini lebih fleksibel karena kalian dapat menyesuaikannya dengan waktu kerja. Selain itu ada beberapa keuntungan kuliah malam atau kelas karyawan. Antara lain yaitu: lebih efektif, proses perkuliahan terasa lebih cepat, punya hak istimewa saat KKN (Kuliah Kerja Nyata), sikap dosen tidak seperti kelas regular, dan tentu saja bisa ngecengin lawan jenis yang sama-sama udah kerja haha.

Sudah banyak perguruan tinggi yang membuka program kuliah malam dengan beragam jenjang. Mulai dari jenjang D3 hingga jenjang S2. Program kuliah malam bisa ditemui pada Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma, Universitas Trisakti, Universitas Pancasila, Universitas Dr. Soetomo, UPN Jatim, Universitas Muhammadiyan Surabaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Merdeka Malang, Universitas Bhayangkara dan lain sebagainya. 


Lanjut.   >>>

Bagikan

Jangan lewatkan

Kuliah Free..!!! Siapa Yang Gak Mau #1
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Translate