10 Tahap Memilih Jurusan Kuliah Part I

Pada artikel ini saya ingin sharing sesuatu yang saya rasakan sebagai lulusan baru. Saya ingin memberikan pertimbangan kepada teman-teman yang berniat meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi terkait pemilihan instansi dan jurusan.  
bingung #1

Pendahuluan

Menyelesaikan sesuatu yang kita mulai merupakan sesuatu yang membahagiakan, bahkan terkesan membanggakan. Sama halnya dengan lulus kuliah, seperti yang saya rasakan. Ratusan hari saya menjalani kehidupan kuliah. Berjibaku dengan tugas, dipaksakan hidup dengan orang-orang baru. manis, pahit, asam. "fuuuuh... gado-gado rasanya." Akhirnya saya berhasil lulus dengan predikat memuaskan. Lima tahun lamanya "puuaaass lamanya." Saya senang banget "aahhh.... akhirnya saya bebas.!" "akhirnya saya berhasil keluar dari belenggu ini." yeeee buka rantai, tempel sticker lulus di leptop. Seneng banget pokoknya.

Singkat cerita, setelah lulus saya memutuskan mencari pekerjaan yang saya inginkan. Banyak lowongan pekerjaan yang saya kirimkan baik melalui online, Job Fair, Bursa Kerja dan lainnya. Namun saya melihat sulit sekali menemukan posisi pekerjaan yang sesuai dengan jurusan saya. Sampai akhirnya saya berfikir, "apakah saya telah salah masuk jurusan?" Jujur saya saya dulu memutuskan masuk jurusan karena bercandaan dengan teman saya. Teman sekolah saya dulu memutuskan kuliah jurusan arsitektur dan sipil, dan kata guru konseling saya "jurusan tata kota itu enak, calon orang sukses, nanti bisa merintah orang sipil dan arsitek bla..bla.. bla.." Yaaa itu meman becandaan antara guru dan kami saat itu haha. Sampai akhirnya saya masuk jurusan itu dan inilah yang saya rasakan.

Saya memutuskan untuk membuat artikel ini, dengan harapkan dapat menjadi pertimbangan teman-teman. Yaaah agar tidak merasa salah jurusan seperti yang saya rasakan. Simpel kan? "yaah saya memang sederhana orangnya hahhaa." Oke langsung saja, berikut pertimbangan untuk menentukan jurusan kuliah.

PERTIMBANGAN MEMILIH

Tips yang akan saya berikan ini merupakan hasil pemikiran saya berdasarkan pengalaman dan pertimbangan dari berbagai blog lain atau hasil sistem pencarian lainnya.

1. Kemampuan kalian

Sebelum kalian menentukan suatu instasi perguruan tinggi dan jurusan yang akan kalian jadikan tempat menempuh pendidikan, hendaknya kalian mengetahui kemampuan kalian. Kemampuan yang saya maksudkan ini seperti nilai ijazah/raport mata pelajaran yang kalian miliki dan bisa juga seperti sertifikat pencapaian kalian yang bisa dijadikan portofolio. Mungkin kalian sudah tahu ada berbagai jalur masuk perguruan tinggi yang menggunakan/menjadikan syaratnya dengan nilai ijazh/raport. 

Selain itu, dapat dilihat dari hobi yang dimiliki. Contoh: jika kalian memiliki hobi olahraga. Kalian bisa menjadikan jurusan pendidikan olahraga sebagai tujuan belajar selanjutnya. Nantinya kalian tetap bisa menyalurkan hobi kalian dan mempelajari hal lain mengenai olahraga seperti peraturan olahraga dan wasit olahraga. Contah lain, misalkan kalian memiliki hobi menggambar. Kalian bisa menjadikan jurusan arsitektur, animasi, komunikasi visual, seni rupa dan jurusan seni lainnya.

2. Keinginan kalian 

Selanjutnya kalian perlu mengetahui keinginan kalian. Ini merupakan hal yang paling penting dalam menentukan jurusan/perguruan tinggi tujuan. "Yah kalau kalian gak pengen, ngapain maksain ahaha.." Gampangnya gini, Apa cita-cita kalian? Apa profesi yang kalian inginkan? Setelah mengetahuinya, kalian bisa menentukan jurusan tujuan. Contoh, kalian ingin menjadi seorang pengajar/guru. Maka kalian bisa melanjutkan pendidikan di jurusan pendidikan atau pada jurusan ilmu pasti/keilmuan. Untuk jurusan ilmu murni/keilmuan, biasanya setelah selesai studinya disediakan kuliah tambahan sekitar dua semester untuk mendapatkan gelar pendidikan. Sehingga nantinya memiliki dua gelar, yaitu gelar keilmuan dan pendidikan.

3. Langkah awal yang perlu dilakukan

Logikanya seperti ini. Kalian Sudah mengetahui standar kemampuan kalian, minat kalian, Cita-cita kalian dan profesi impian kalian. Maka kalian perlu tahu apa langkah awal yang perlu kalian lakukan untuk mewujudkannya. Cari tahu apa yang kalian butuhkan untuk mencapainya, baik syarat yang diperlukan maupun tahapan dalam mencapainya. Contoh: Kalian ingin menjadi seorang tenaga pengajar matematika di sekolah menengah pertama. Setelah kalian mengetahui dan mempertimbangkan kemampuan serta syarat yang dibutuhkan, ternyata kalian perlu mempelajari ilmu pengetahuan matematika dan mencapai gelar strata satu. Maka kalian perlu belajar di jurusan pendidikan ilmu pengetahuan tersebut sampai mendapat gelar strata satu.

4. Apa yang tersedia

Sederhananya mungkin sama seperti teori ekonomi, agar berjalan baik Supply dan Demand harus sesuai. Dalam hal ini, kita tidak mungkin memilih suatu jurusan yang tidak tersedia. Namun kalian jangan kuatir, saat ini perkembangan jaman sangat pesat, banyak sekali jurusan baru yang muncul. Banyak juga lowongan kerja baru yang mungkin sebelumnya belum ada. Kalian bisa melihatnya diberbagai situs seperti https://web.snmptn.ac.id/ptn untuk dalam negeri, atau pencarian lain yang tersedia.

5. Komitmen

Setelah kalian menentukan pilihan, maka kalian harus memiliki komitmen. Mungkin terdengar remeh, tapi komitmen merupakan sesuatu yang penting demi kelanjutan kalian dalam menjalani perkuliahan dan mencapai yang kalian inginkan. Kuliah merupakan proses yang panjang dan segala kemungkinan bisa saja terjadi. Mungkin kalian akan mengalami kesulitan soal pelajaran, dosen, lingkungan kuliah, atau godaan lain seperti game "nah yang satu ini saya alami hahhaa..." Dengan adanya komitmen, seberapa kerasnya tantangan dan halangannya nanti, kalian akan tetap bekerja keras untuk menyelesaikannya.

Mungkin cukup segitu yang dapat saya pikirkan dalam memilih jurusan kuliah. Looh... Kok cuma lima tahap saja? benar... untuk tahap selanjutnya akan dijelaskan di part II. Lima tahap diatas merupakan pertimbangan dasar yang berasal dari diri sendiri atau bisa disebut faktor internal. hehehe Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan pertimbangan bagi teman-teman semua. Terimakasih dan sampai jumpa kembali di artikel berikutnya.


Bagikan

Jangan lewatkan

10 Tahap Memilih Jurusan Kuliah Part I
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

7 comments

Tulis comments
avatar
6 September 2017 at 08:36

walaupun tahun ini belum bisa kuliah, tapi makasih infonya :)

Reply
avatar
Anonymous
8 September 2017 at 20:16

setuju bro, artikel yang sangat bermanfaat

Reply
avatar
13 September 2017 at 19:52

terima kasih gan, tetep semangat yaa

Reply
avatar
7 November 2017 at 02:20

wah dulu krn aku sdh suka, jd gak banyak pertimbangan lagi

Reply

Translate