MERDEKA...!!! atau MERDEKA...???

Halo teman-teman,
Bagaimana kabar kalian? Semoga selalu baik.
Pada tulisan ini, saya ingin menambah "beban pikiran" kalian terkait sesuatu yang saya bingungkan. "Biar kebersamaan diantara kita tetap terjaga hahaseek." Mungkin kalian akan merasa aneh bahkan bingung, "ini blog kok gini?" "yang lain ngasih trik/tips, kok ini ngasih beban?" "apa bloggernya sakit?" "baru belajar bikin blog kok udah sakit." Tenang kawan, "kalian tidak sendiri, saya juga bingung hahaha." Tapi nggakpapa ya, dari pada kalian gak ada bacaan haha. Okee kita mulai aja yaa...

Pendahuluan

Beberapa saat yang lalu, tepat 17 agustus 2017 kita merayakan ulang tahun Indonesia tercinta. Sudah 72 tahun usia negeri tercinta kita.
berjuang

Bagi manusia, usia 72 tahun mungkin merupakan usia yang terbilang cukup. "cukup tua haha." usia dimana seseorang bisa dibilang "memiliki banyak pengalaman hidup, pengetahuan dan kedewasaan yang luar biasa." Tapi bagi suatu negara? Apakah bisa disamakan?

Saat ini banyak perbedaan pendapat soal kemerdekaan negara kita. kalian juga pasti sudah mengetahuinya, 'kalau ada yang belum tahu, yaa ini saya kasih tau." Kejadian ini benar-benar terjadi teman. Terlepas dari pertimbangan serta sumber informasi yang mereka dapatkan, banyak yang beranggapan negara kita belum sepenuhnya merdeka. Seperti gambar yang tersebar di internet atau yang biasa disebut meme. Banyak meme beredar dengan ucapan "Merdeka Itu Omong Kosong"|"secara ekonomi, sosial, politik masih dijajah"| "merdeka kok masih banyak yang kelaparan dan kemiskinan" dsb.

Setelah kalian tahu, lalu bagaimana menurut kalian? Menurut pendapat kalian, saat ini Indonesia "Merdekah...!!! atau Merdeka...???

Merdeka...!!! atau Merdeka...???

"Merdeka...!!!" merupakan suatu kata dengan tanda baca yang menunjukkan seruan untuk menunjukkan perasaan atau suara tinggi (wiki). Sedangkan "Merdeka...???" merupakan suatu kata dengan tanda baca yang menunjukkan pertanyaan (wiki). "ini sekedar informasi untuk yang belum tahu atau belum sadar ya haha."

Menurut kbbi, kata  merdeka memiliki arti bebas (dari perhambaan, penjajahan, dan sebagainya); berdiri sendiri; tidak terkena atau lepas dari tuntutan; tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu; dan juga berarti leluasa. Menurut kalian secara arti kata saja, saat ini Indonesia "Merdekah...!!! atau Merdeka...???

Sebelum kalian memutuskan, akan saya berikan pertimbangan lagi. Berikut merupakan data kondisi Indonesia yang saya dapatkan dari web Badan Pusat Statistik Indonesia. Menurut data hasil proyeksi penduduk tahun 2010, jumlah penduduk Indonesia tahun 2017 sebesar 261.890,9 ribu jiwa. Pembangunan manusia terus mengalami kemajuan dengan meningkatnya indeks pembangunan manusia (IPM). Pada tahun 2016 IPM mencapai 70,18 merupakan kategori yang tinggi. Jumlah penduduk miskin pada maret 2017 sebanyak 27,77 juta jiwa. Jumlah penganguran pada februari 2017 sebanyak 7,01 juta jiwa. Tingkat pengangguran tertinggi terdapat pada lulusan SMK yaitu sebesar 9,27 juta jiwa. Penduduk usia 15 tahun ke atas yang bekerja menurut pendidikan pada februari 2017, jumlah tertinggi adalah pada lulusan SD ke bawah yaitu sebesr 52,59 juta jiwa.

Inilah kondisi negara kita kawan. Kondisi Indonesi berdasarkan data yang diterbitkan instansi pemerintah. Lalu bagaimana menurut kalian, saat ini Indonesia "Merdekah...!!! atau Merdeka...???"

Penutup

Dari tulisan diatas dapat kita simpulkan bahwa, negara tercinta kita "sudah merdeka" kawan. Kebebasan perpendapat, berekspresi dan mendapatkan informasi sudah kita rasakan. Mungkin yang berbeda hanyalah tingkat "merdeka"nya. Bingung ya? haha saya juga bingung ngomongnya. Contohnya seperti ini, dua orang pekerja mendapatkan upah kerja sebesar 3 juta, yang satu merasa puas dan satunya belum puas. Atau mungkin seperti, sebagian orang menilaimu ganteng/cantik, tapi sebagian yang lain menganggapnya tidak. Persepsi tiap orang memang berbeda, jadi bila kalian menganggap Indonesia belum merdeka, apa yang akan kalian perbuat agar Indonesia bisa merdeka sesuai dengan makna merdeka yang kalian impikan?

Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. Terima kasih untuk teman-teman yang sudah mampir dan sampai bertemu di artikel berikutnya.
Daah....

Bagikan

Jangan lewatkan

MERDEKA...!!! atau MERDEKA...???
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

7 comments

Tulis comments
avatar
2 September 2017 at 10:33

Secara kenegaraan indonesia sudah merdeka gan tapi secara ekonomi belum, indonesia masih dijajah oleh negara asing dalam hal perekonomiannya

Reply
avatar
2 September 2017 at 11:15

Semoga indonesia tetap menjadi negara yang merdeka, jangan sampai ada seseorang yang menghancurkan kedamaian negeri ini.

Reply
avatar
10 September 2017 at 10:57

Sekali Merdeka tetap Merdeka !

Reply
avatar
11 September 2017 at 13:05

merdeka..... template kkita sma gan hehehehe

Reply

Translate