5 Hal Penyebab Jombang Gak Kalah

Halo teman-teman.
Perkenalkan, nama saya Mek dan saya berasal dari Jombang. Menurut saya, Jombang itu gak kalah dibandingkan kota lain di Jawa Timur, bahkan di Indonesia. Walaupun Jombang sebenernya kabupaten
jombang

Berikut 5 hal yang menyebabkan Jombang gak kalah dengan kota lain.

1. Terkenal

Sesuatu/seseorang yang terkenal pasti punya sapaan akrab, kota juga gitu. Surabaya terkenal dengan sebutan kota pahlawan. Kota Malang juga punya, banyak lagi. Kota pendidikan, kota bunga, kota ruko, spanduk, papan iklan, papan pengumuman. Banyak pokoknya, mungkin karena pergaulannya yang luas, bebas, tak beraturan. entah saya juga bingung. Tapi Jombang gak kalah, Jombang biasa disebut Kota Santri (wiki). Sangat sopan, berpendidikan dan religius bukan... Haseek....

2. Macet

Semua yang pernah ke Surabaya dan Malang pasti tau kalau keduanya sering macet. Tapi itu gakpapa teman. Menurut saya, salah satu sarat suatu kota di Indonesia pantas disebut kota besar adalah harus macet. Karena kalau udah macet, fix itu kota besar. Jadi berlomba-lombalah memacetkan kota kalian.

Walaupun intensitasnya gak setinggi Surabaya/Malang, di Jombang juga ada macet. Sekalinya macet itu, yang biasanya waktu tempuh 30menit bisa sampai lebih. Saya pernah ya mau main ke rumah teman di pusat Jombang sana. Janjian kumpul jam 10 pagi. Biasanya kalau naek motor kesana paling 20 menitlah, jadi kalau janjian saya berangkatnya 09.30. Tapi hari itu rasanya lama banget, udah sejam belum nyampek, Jam 11 belum juga nyampek. Itu memang saya belom berangkat ya, males aja kalau dateng duluan kan, yang lain juga pasti ngaret haha.

3. Landmark

Salah satu syarat sebuah kota yang baik adalah memiliki landmark/bangunan yang dijadikan ciri khas. Landmark dibuat dengan tujuan sebagai penanda/petunjuk penentu arah. Selain itu landmark biasa dibuat untuk mempercantik/memperindah kawasan. Haseek... anak Planologi cuy haha...
Surabaya punya tugu pahlawan, Malang punya tugu malang, dan Jombang punya ringin contong.

Buat yang belum tahu, ringin contong itu lebih keren dibandingkan landmark kota lain. Selain memiliki fungsi diatas, dalam pembangunannya ringin contong sudah menerapkan konsep sustainable. Jadi ringin contong sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan warga Jombang. Iya ringin contong itu tandon air sebenernya, keren kan... Sustainable banget.

4. Club Bola

Mungkin semua orang sudah tahu, Surabaya dengan Persebaya-nya, Malang dengan Arema-nya. Jombang juga punya club bola teman-teman, namanya PSID. Persatuan Sepakbola Indonesia Djombang. pakek "Dj" cuy, klasik abiss... PSID biasa dijuluki "kebo kicak," atau digambarkan seperti manusia berkepala kerbau. anggaplah siluman kerbau.

Tapi memang jarang orang tahu tentang PSID. Bahkan banyak warga Jombang yang sekedar pernah dengar saja. Ironis memang. Inikan bahaya, bila dibiarkan terus eksistensi PSID akan makin terkikis. Bisa-bisa beberapa tahun lagi PSID akan asing di Jombang. Kasian kan, dari club bola berubah jadi mitos, jadi cerita pengantar tidur, adanya di novel mistis, dibuku siksa neraga. kan gak enak yaa.. Kadang saya berpikir, apa ini karena sebutan PSID ya.? Siluman Kerbau cuy, indosiar aja udah gak minat loh soal siluman-siluman gitu.

5. Tokoh Besar

Mungkin Surabaya punya Bung Tomo, Malang dengan Ken Arok dan Ken Dedes-nya. Jombang gak kalah cuy. Jombang punya banyak tokoh besar. Ada KH. Hasyim Asy'ari tokoh pendiri NU, Emha Ainun Nadjib atau biasa dipanggil Cak Nun sebagai tokoh budayawan, dan tentu saja ada KH. Abdurrahman Wahid atau biasa dipanggil Gus Dur.

Siapa cobak yang gak tahu Gus Dur. Satu Indonesia pasti tahu itu. sang yondaime hokage, penyumbang terbesar pendapatan daerah di Jombang lewat parkir wisatanya haha.

Bagikan

Jangan lewatkan

5 Hal Penyebab Jombang Gak Kalah
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

13 comments

Tulis comments
avatar
31 August 2017 at 13:49

Awesome.
Dulu saya hanya tahu yang point 5 aja. Sekarang jadi lebih tahu lagi.

Reply
avatar
31 August 2017 at 13:55

Wah mantab, kelurga saya ada yang di jombang dan saya kesana terus baru tahu informasi ini. terimakasih

Reply
avatar
31 August 2017 at 13:57

wah ane rasa jombang terkenal dengan rian jombang ? hahaha btw jombang emang daerah mana sih

Reply
avatar
31 August 2017 at 14:10

Jombang tempatnya para santri :D

Reply
avatar
1 September 2017 at 02:09

Wah mungkin saya juga perlu sharing ke agan biar makin tau soal jombang hehe

Reply
avatar
1 September 2017 at 02:14

Jombang itu jatim gan, kira2 dua jengkal dr surabaya *kalau dipeta

Reply
avatar
1 September 2017 at 02:18

Benar gan, kalau tempat kyai nya gatau dimana hehe

Reply
avatar
1 September 2017 at 16:47

keren,maju terus jombang hehe

Reply
avatar
Anonymous
11 September 2017 at 12:51

mantap jiwa.. jombang is good

Reply
avatar
2 October 2017 at 07:23

jadi pengen ke Jombang nih....

Reply

Translate